Masih bingung dengan Thermoforming ?

Posted on Updated on


Kadang tidak terpikir oleh saya bahwa yg mampir di blog ini bisa saja rekan2 yg sangat awam dengan materi di blog ini….pasti ada yg tanda tanya apa ini kok materinya aneh….demikian juga seorang teman saya juga bingung (walau dia mengaku bergerak dibidang instrumen peralatan tehnik sempat juga terlontar kata “apa ini?”), tapi untuk menjelaskan secara keseluruhan juga gak gampang,karena bidang ini hanya mudah dimengerti oleh para praktisi di bidang plastict packaging …..tentang apa itu thermoforming….mungkin anda bisa membuka lembar demi lembar halaman yg mungkin bisa menjawab ketidak tahuan teman2. Jadi bagaimana kalau posting saja comment anda ,apa yg perlu anda tanya ¬†tentang materi diblog ini?

4 thoughts on “Masih bingung dengan Thermoforming ?

    hiroh said:
    17/11/2009 pukul 4:19 pm

    bagaimana sebenarnya proses pembuatan cupdari resin dan master batch?apakah sama prosesny dg pmbuatan botol plastik?apakah blow molding trmasuk thermoforming?proses stacking tu proses apa?apakah sisa runner dan scrap dari resin pada proses ini trmasuk limbah b3?terima kasih

    Jasir responded:
    18/11/2009 pukul 6:41 am

    Mas Hiroh (mohon maaf kalau salah menyebut nama anda) : Proses Thermoforming diawali dng membuat PP sheet di extrusion, setelah jadi sheet (lembaran plastik) baru dimasukkan ke mesin thermoforming buat dicetak jadi cup PP atau sejenisnya (bisa berupa tray,atau pembungkus kemasan plastik dan masih banyak produk yg dibuat dengan proses thermoforming).
    Yg jelas proses thermoforming dan pembuatan botol plastik sangat beda (blow moulding kebanyakan dipakai membuat kemasan botol atau jerycan dll…..material plastik dibentuk jadi parison/slang palstik kemudian ditiup dalam mould sehingga terbentuk jadi botol plastik).
    Pada umumnya plastik bisa di recycle (didaur ulang) walau sebenarnya plastik tidak bisa terurai selama puluhan tahun….

    denny said:
    31/03/2010 pukul 11:20 am

    Mas Jasir,saya bekerja di bidang thermoforming.Ada beberapa masalah yang saya temukan salah satunya adalah proses pemotongan setelah proses forming.Saya kesulitan untuk proses ini terutama untuk material PP yang tipis (0,28 mm).Jenis material ini sulit sekali putus.Minta tolong masukannya.Terimakasih

      Jasir responded:
      19/08/2010 pukul 7:41 am

      Pak Denny, Sorry baru bisa update blog……
      Yg jelas proses dengan sheet setipis itu diperlukan clearance cutting plate dan cutting plug dengan toleransi yg sangat kecil….dalam hal ini mungkin bisa memainkan beda themperatur antara cutting plate dan cutting plug…selain itu sheet tdk boleh terlalu panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s