Konsep,system, gampang dibuat tidak mudah implementasinya.

Posted on Updated on


Tulisan ini terinspirasi oleh kondisi lapangan yg sering dijumpai dipekerjaan. Memang tidak semua begitu….buktinya banyak yg bisa menerapkan ISO walau agak terseok-seok karena belum bermental disiplin.

Semua kelemahan itu tak lepas dari lemahnya management dan kondisi struktur jajaran yg ada  kurang systimatis dalam berfikir. Artinya begini…..sebenarnya dalam suatu plan apabila ada manager pabrik yg punya wawasan tentang konsep pengelolaan pabrik yg benar dan konsisten..tidak sulit mengatur kondisi lapangan agar tidak amburadul. Semua permasalahan dilapangan sebenarnya tinggal dilihat dan diambil tindakan sesegera mungkin apa bila ada yg kurang beres.

Masalah nya banyak situasi plan/pabrik yg komandannya tidak jelas kemampuannya juga wewenangnya,belum lagi adanya komandan2 lain yg hampir selevel membuat pemutusan suatu masalah menjadi seperti bola yg dilempar kesana kemari…tidak ada yg bertanggung jawab mengambil putusan yg cepat….kadang management one man show bisa mengatasi permasalahan dilapangan dengan cepat…tapi kendalanya terlihat sangat otoriter dan tidak memberi peluang orang mempunyai pendapat dan ide2 yg produktif.

Masih banyak nya pengusaha yg bikin perusahaan asal jalan dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan bagi seorang karyawan kadang punya andil dalam membuat situasi yg kurang produktif…dan kondusif. Mereka cenderung menerima dan harus nurut dengan apa yg ada dilapangan. Dan jangan kaget kalau seseorang yg sebenarnya ngerti kondisi dilapangan tidak baik dan mereka cenderung mengambil sikap diam dan tidak perduli…ini yg bisa membunuh cara berfikir produktif tersebut. Karyawan kadang tidak ingin mengambil resiko kena marah dan mengambil langkah aman dengan berpura-pura tidak mengerti alias masa bodoh dengan amburadulnya kondisi dilapangan.

Pemimpin suatu perusahaan seharusnya bersikap terbuka dan menumbuhkan iklim yg produktif dikalangan kerja stafnya. Merekord setiap permasalahan dilapangan dan melihat langsung kondisi lapangan agar bisa mengetahui kondisi lapangan yg tidak beres.

Progres2 kerja harus dimonitor kemajuannya..ibarat nya setiap kasus yg masuk list untuk diselesaikan harus jelas jadwal pelaksanaan penyelesaikannya….

(continued)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s