Obsesi tentang dunia thermoforming

Posted on Updated on


Dalam pandangan saya… walau perkembangan thermoforming di Indonesia cukup pesat dengan semakin berkembangnya AMDK (air minum dalam kemasan)….tetapi masyarakat yg kehidupan sehari-harinya berkecimpung dibidang  proses thermoforming hidup dengan dunianya masing2. Mereka tidak terlalu saling kenal….mereka hidup dikelompoknya masing2 (dilingkungan satu perusahaan) mungkin juga mereka berkelompok dengan sesama brand mesin…..Sehingga mereka kurang seberapa mengenal dunia yg luas didunia thermoforming ini.

Mesin2 thermoforming dari segala merek….mungkin sudah ratusan yg bercokol di Indonesia…..dan mereka para praktisi yg jumlahnya bisa puluhan ribu masih belum memiliki tempat untuk nongkrong (kalau kita ibaratkan seperti masyarakat biasa di pemukiman) dalam satu komunitas yg punya visi dan dunia pandang yg sama…dan bisa saling berkomunikasi untuk mendiskusikan dunia thermoforming yg sudah terlanjur menjamur lebat ini.

Walau tehnologi sudah canggih….walau sdh ada HP yg bisa kita pakai buat berinternet ria….dan didukung ada nya Facebook,Twitter dan media chatt…tapi tetap saja para praktisi thermoforming hidup didunianya masing2 menggeluti produksi cup PP dalam lingkungan yg terbatas. Pada hal dengan kecanggihan komunikasi sekarang mereka bisa mengenal dunia thermoforming yg lebih luas lagi. Mereka bisa mengenal berbagai manusia yg banyak terlibat dipembuatan cup PP dengan variasi yg berbeda…dengan ide2 thehnologi yg mungkin mereka belum mengenal.

Dunia thermoforming saat ini melibatkan banyak bidang, lihat saja mulai dari pemasok material Polypropiline,mesin2 printing offset plus supplier tintanya , mesin2 air compressor, mesin chiller,workshop pembuat insert yg juga sebagai tempat grinding cutting plate ,sampai mesin pembuat straw yg tidak terpisah dari penjualan produk jadi dari AMDK atau Air beraroma rasa….

One thought on “Obsesi tentang dunia thermoforming

    Tony said:
    29/05/2013 pukul 9:59 pm

    Setuju 100% pak Jasir, tetapi diantara mesin2 printing dry offset dan supplier tintanya, masih ada supplier printing platenya, termasuk didalamnya supplier film separasi warna (pekerja yang mengerjakan separasi warnanya yang dalam perkembangannya sekarang ini tidak lagi bekerja dibelakang kamera akan tetapi dibelakang layar komputer yang berbasis IT dan mesin output film), dari hasil pekerjaan mereka inilah akan sangat berpengaruh terhadap hasil cetak di cup. Kesimpulannya: dari biji plastik untuk menjadi satu cup plastik sederhana yang bergambar dan berwarna indah dibutuhkan mesin2 yang canggih dan tenaga2 yang terlatih dan terampil yang semuanya ini berharga sangat mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s