PP Printed cup

Posted on Updated on


PP Printed cup saat ini menjadi primadona di dunia baverage (disamping minuman dalam botol PET), banyak produsen besar saling bersaing dilapangan dengan produk2 minuman yg sangat disukai masyarakat…lihat saja di super market sampai mini market akan bisa kita temui produk2 dari Garuda food (Mountea), Wing Food (Ale-Ale) , Pola Sehat/ Orang Tua (Teh Gelas), Indo Food (Fruitamin) dan masih banyak lagi merk lain yg hampir bisa ditemui diseluruh kota2 besar bahkan kios2 pinggir jalan sekalipun memajangkan produk minuman dalam PP cup .

Cup yg disertai dekorasi gambar yg bagus akan lebih menarik dari cup yg ala kadarnya (polos)…oleh sebab itu para produsen berlomba membuat kemasan cup dengan gambar yg menarik…disamping itu rasa juga tak kalah pentingnya.

Sampai akhir 2010 diperkirakan puluhan mesin printing offset untuk PP cup masuk indonesia dengan berbagai merk. Ini juga yg membuat bisnis tinta/ ink untuk offset print juga melaju kencang. Hanya supplier yg bisa mengikuti trend pasar yg bisa meraih keuntungan yg bagus.

Sebagai dampak perkembangan ini…banyak gerai2 minuman rumahan semacam Es buble dan teh gelas siap saji menjamur di Airport dan mall-mall dengan menggunakan kemasan cup 16 oz samapai 22 oz.

Banyak yg terinspirasi menggunakan kemasan PP cup untuk produk yg lain. Antara lain ada yg menanyakan saya supplier PP cup…dimana mereka akan pakai PP cup ini untuk kemasan minyak goreng.

Sementara margarine dan es cream sudah lama menggunakan PP cup ini.

 

 

Sampai kapan PP printed cup ini akan tumbuh ? hanya pasar yg tahu…sebab dulu ketika Air Minum Dalam Kemasan  (AMDK) berkembang pesat…sebagian orang menghawatirkan bahwa bisnis PP cup ini akan mengalami kejenuhan akibat banyaknya mesin thermoforming masuk Indonesia….kenyataannya, para pebisnis thermoforming lebih berfikir inovatif…dan akhirnya seperti yg kita lihat saat ini….PP cup ditambah master batch dan di print dengan grafik yg bagus membuat pertumbuhan baverage tidak melulu air putih dalam kemasan…tetapi sudah menggeser kebiasaan masyarakat minum teh sajian sendiri dan lebih beraneka rasa…tidak perlu lagi memasak air apabila ada tamu atau ada hajatan…semua tinggal beli di super market dan tidak harus mencuci setelah disajikan.

Effek samping dari perkembangan itu semua adalah dampak positipnya  membuka lahan bisnis lebih luas….dampak negatifnya….sampah ini tidak mudah diserap tanah berpuluh-puluh tahun….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s