Waspadai jalur macet mudik Lebaran 1432 H

Posted on Updated on



Mudik  tinggal hitungan hari….tak akan terasa walau masih dua minggu lagi. Suasana mudik yg dinanti-nanti banyak orang adalah menikmati perjalanan panjang disepanjang jalan raya (terutama di jalur pantura)…Bersama sanak saudara,teman2 tercinta atau rombongan dari suatu komunitas penjaja jamu atau pedagang…..siapa bilang kemacetan yg bakal terjadi bisa menyebalkan, untuk sebagian orang kemacetan yg bakal ditemui adalah salah satu nikmatnya perjalanan. Hiruk pikuk dijalan dan deru mobil yg saling bersaing kecepatan adalah kenikmatan lain bagi para driver.

Bagi yg tidak ingin terjebak kemacetan panjang pasti akan berangkat jauh hari sebelum arus mudik mencapai  puncaknya . Tapi bagi yg liburnya mepet dengan hari “H” maka kemacetan bisa jadi nightmare atau bahkan suasana yg ditunggu-tunggu bagi yg suka bermacet ria.

Pada bulan July kemarin saya bersama seorang teman melakukan perjalanan dinas dari Jakarta ke Surabaya mengendarai mobil, menyusuri sepanjang jalan panjang pantura….pada hari biasa seperti saat itu target untuk mencapai tujuan tidak lah terlalu penting, karena kita mengunjung beberapa customer di Semarang, Pati dan Surabaya.

Kemacetan disepanjang pantura ibaratnya  sudah menjadi bagian dari ritual mudik sepanjang tahun , jadi tidak usah heran….ini karena manusia2 yg bertanggung jawab dibagian jalan gak becus atau memang kondisi geografi tanah yg kurang bagus….semua sebenarnya bisa dievaluasi beberapa tahun yg lalu.

Okelah kita nikmati saja perjalanan mudik nanti. Siapkan bekal yg lengkap dan cukup ( Sentolop, ban serep yg sehat, kunci2 mobil untuk tindakan servis ringan, charger HP,kabel jumper kalau accu drop, air radiator 1 galon dll) untuk bekal makanan/minuman jangan lupa juga : air mineral 500ml (satu box) ,camilan,permen, snack……..dan apapun yg menurut anda sebaiknya disediakan dalam perjalanan panjang tsb.

Dalam perjalanan di bulan July kemarin hanya kita jumpai sedikit kemacetan : Didaerah Brebes (ada pelebaran jembatan) dan di perbatasan Pati – Rembang pelebaran jalan yg belum tuntas.

One thought on “Waspadai jalur macet mudik Lebaran 1432 H

    Jasir responded:
    21/08/2011 pukul 11:03 pm

    Koreksi tentang perjalanan saya di bulan July 2011 diatas, ternyata hari ini 21 Agustus 2011 saya mudik lebih awal dan menjumpai jalan tsb diatas sdh selesai dikerjakan dan lancar sekali.
    Sebagai tambahan Juwana – Rembang -Lasem jalannya mulus seperti tol. jadi kalau saat ini ada hambatan itu dikarenakan banyaknya truk2 dan kendaraan berat yg lewat pantura…dan panjangnya iring2an kendaraan berat ini kita harus cukup bersabar….kalau bisa nyalip itu lebih baik.
    Sepanjang Pantura dari Cikampek sampai Surabaya relatif lancar dan tidak ada hambatan yg berarti……..tapi melakukan perjalanan secara santai dan tidak buru2 jauh lebih nyaman dan nikmat……Selamat Mudik dikampung halaman…….semoga semua berjalan lancarrrr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s