Mudik Lebaran 1432H (Travelling on the Job)

Posted on Updated on


Mudik…adalah kegiatan yg tidak bisa dipisah kan dari bulan suci Ramadhan dan hari besar islam yaitu hari raya Iedul Fitri.
Indonesia yg mayoritas masyarakatnya adalah muslim suasana Ramadhan dan menjelang Lebaran sangat terasa sekali….kadang persiapan mudik sudah terpikir begitu memasuki awal Ramadhan.

Tahun ini kami sekeluarga juga merencanakan mudik sejak awal…karena tahun kemarin absen dari mudik. Dan persiapan dari awal sudah dilakukan walau hanya sekedar mempersiapkan kebutuhan2 kecil …..Dijaman yg perkembangan tehnologinya sdh cukup maju seperti sekarang ini maka tak pelak kebutuhan buat itu cukup mendukung…..ada nya GPS bagi sebagian orang menjadi wahana yg menarik untuk mempelajari situasi jalur yg akan dilalui. Belum lagi aplikasi2 semacan Foursquare yg memberi tahukan tempat2 menarik disekitarnya……pokoknya mudik kali ini memiliki nuansa berbeda buat yg akrab dengan tehnologi multia media..

Mudik kali ini dilakuakn di H-10…mudik yg tidak mungkin dilakuakn bagi kebanyakan orang, karena libur sekolah anak2 cukup menjadi pertimbangan selain kondisi kerjaan. Dan beruntungnya kerjaan saya cukup flexible dalam soal waktu (maklum tukang keliling) dan sekolah anak2 ternyata libur lebih awal dari daerah lain …

Pada hari H yg sdh sudah direncanakan….mudiklah kami sekeluarga…..dan perjalanan panjang dimulai bak rally jarak jauh hehehhee…..

Jalur tol  Jakarta – Cikampek dilalui dengan suasana yg masih lengang dari pemudik…maklum hari kerja biasa. Sampai Indramayu perjalanan lebih nyaman karena jalur pintas baru yg cukup lebar mulai doperasikan dan ini akan bisa mengurangi kemacetan di hari puncak.

Pasar menjelang tol Kanci (kalau tidak salah dipeta namanya daerah Rawa Gatel) akan menjadi titik macet yg parah kalau tidak diatasi…karena apalah artinya jalan raya yg mulus kalau penyempitan seperti ini tidak diantisipasi. Semoga pemda dan kepolisian setempat menyadari itu.

Tol Kanci – Cirebon                                                                                                                              Dari jakarta anda akan menemui Rest area pertama di Tol Kanci ini kalau tidak salah di km 247…beristirahatlah. Disini ada SPBU,Mushola dan tempat2 makan yg lumayan buat santai sambil melepas lelah, kalau sudah istirahat cukup bisa tancap gas lagi…didepan anda akan menemui jalan tol yg panjang nya 50km lebih (itu kalau anda melewati Tol Bakrie ) dan Tol yg berakhir di daerah Pejagan ini anda bisa kearah Brebes (kekiri) atau bisa ke Purwokerto (kekanan). Dan ini penambahan jalur bebas hambatan yg cukup signifikan buat pemudik (sebelum tol trans Jawa terealisasi).Tapi di arus puncaknanti  bisa jadi perlintasan KA ke arah Brebes akan jadi titik padat dan macet.

Perjalanan mudik saya di H-10 ini sangat lancar sekali dan ini mungkin tidak akan sama dengan anda yg mudik di arus puncak nanti. Namanya arus puncak maka begitu ada penyempitan karena pasar dan bus yg berhenti / angkot / pasar maka penumpukan kendaraan tidak bisa dihindari. Kendaraan berat semacam truk atau tronton harus tidak boleh melintas karena dihari biasa pun kendaraan berat ini kalau sedang beriringan juga menyebabkan antrian panjang.

Brebes – Semarang                                                                                                                                Walau sepanjang  Brebes – Semarang semua jalan cukup mulus tetapi karena lebar jalan cukup variatif dan masih adanya pasar di pinggir jalan maka saya tidak berani memastikan tidak terjadi kemacetan diarus puncak nanti. Tapi bagi saya kemacetan disaat mudik sudah menjadi bagian yg paling menarik disuasana mudik…..karena ini hanya terjadi setahun sekali, dan saya kadang rindu menikmati kemacetan2 itu. Berkumpul dan berhenti beramai-ramai dengan sesama pemudik. Menikmati rehat bersama dan sholat berjamaah di rest area adalah pengalaman yg sangat luar biasa.

Memasuki kota Tegal kalau anda pada jam berbuka puasa jangan khawatir kesulitan mencari restauran makan,

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s